Minggu, 27 Desember 2015

Undangan Ganefo I.

 Amplop datas dari 'Komite National GANEFO Djakarta 1963' 
ditujukan kepada 
J.M./Sdr. Komodor  . . . . . . . . . Sjukur
di Djl. T. Sunda Kelapa 10. Djakarta.

Isi amplop diatas ternyata 4 lembar 'undangan' untuk menghadiri 4 hari (tgl. 11, 12, 13 dan 14 Nopember 1963) pertandingan Foot Ball Ganefo I, 
bertempat di Main Stadium, 20.00 - 23.30. 
Ada 3 undangan yang 'sobek sebagian', kemungkinan sebagai tanda bahwa undangan sudah digunakan, undangan tgl. 12 masih utuh.

 Yang menarik dari amplop dan undangan diatas sebetulnya
 adalah 'nilai sejarahnya', diantaranya :
 - 'GANEFO' adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena Indonesia berhasil memprakarsai dan menyelenggarakan sebuah acara besar yaitu pertandingan olahraga internasional untuk menandingi Olympiade,
- 'Amplop'. Waktu itu lazim menulis alamat dengan mencantumkan J.M. singkatan Jang Mulia (Yang Mulia) untuk menghormati orang yang dikirimi surat.
- 'Undangan'. Penandatangan undangan dari Komite Nasional Ganefo ialah Maladi, dia Menteri Olahraga/Kepala Staff Presiden Urusan Ganefo juga seorang dokter Kepresidenan.

Sebetulnya ada 4 macam koleksi kami yang berhubungan dengan GANEFO, yaitu Amplop dan Undangan (gambar-gambar diatas), Buku Panduan bagi Tamu dan Atlit, Prangko dan Poster. ukuran besar, terlihat pada gambar poster dibandingkan dengan kaset dipojok bawah kanan.(gambar bawah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar